Friday, December 21, 2012

Istilah - Istilah Dalam Blog




Berikut Istilah - istilah Dalam Blog : 
1. Blog 
Blog merupakan kependekan dari Weblog yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum.

2. Blogger
Sebutan bagi seseorang yang menulis di blog mereka

3. Blogging
Kegiatan - kegiatan yang dilakukan dalam dunia Blog

4. Blogroll
Merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan Link - link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk Tukeran link sesama blogger.

5. Blogosphere
Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan Blog.

6. Postingan
Suatu kegiatan oleh seorang Blogger untuk mengirimkan Artikel ke dalam Blognya.

7. Laman
Hampir sama dengan Postingan, tapi tulisan yang diketik di Laman, nantinya akan muncul tersendiri menjadi menu pada halaman Blog.

8. Komentar
Tempat yang dikhususkan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan, bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.

9. Komentar SPAM
Komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk promosi atau memperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan Postingan yang dibahas.

10. Traffic
Traffic adalah orang - orang yang mengunjungi blog kita atau yang biasa disebut dengan Pengunjung.

10. Anchor Text
Sebuah teks yang berisi link didalamnya, Misal : Tutorial Blogz

10. Backlink
Sebuah link yang terdapat pada blog lain yang menuju ke Blog kita.

11. Tata letak
Tata letak merupakan bagian dalam Blogger. Pada bagian ini berfungsi untuk menambahkan, menghapus atau mengatur letak Gadget/Widget dalam Blog.

12. Template
Suatu pola atau desain pada suatu Blog. Template ini berfungsi untuk mengatur tampilan blog.

13. HTML
Hyper Text Markup Language atau yang disingkat HTML ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

14. JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.

15. SEO
Search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs agar mudah ditemukan/terindex oleh Mesin pencari seperti Google. 

16. SERP
Merupakan kependekan dari Search Engine Result Page yang merupakan hasil pencarian terhadap mesin pencari (search engine). Misalnya Anda sedang melakukan pencarian di Google dengan menggunakan kata kunci yang Anda cari, kemudian akan muncul 10 hasil pencarian sesuai dengan kata kunci Anda tadi. Nah, Itulah yang dimaksud dengan SERP.

17. Keyword
Secara singkat, Keyword adalah Kata kunci. Yang merupakan kata/frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine). Contohnya, Anda mengetik di Google dengan menggunakan kata kunci "harga blackberry terbaru".

18. HomePage
Halaman utama/awal pada suatu web. 

19. Header 
Bagian paling atas halaman blog. Ini biasa digunakan untuk Menempatkan Judul dan Deskripsi Blog atau Logo Blog. 

20. Sidebar 
Kolom-kolom yang terdapat disisi blog. Biasanya digunakan untuk meletakkan Gadget/Widget tertentu.

21. Footer
Bagian paling bawah halaman blog. 

22. Gadget
Kumpulan elemen atau fitur-fitur (gratis) yang sudah disediakan oleh Pihak Blogger.

23. Label
Label adalah sebuah kategori untuk mengelompokkan artikel (postingan) yang berhubungan yang telah terdapat di Blogger. Tujuan menampilkan label ini agar mempermudah pengunjung untuk menemukan Artikel yang sedang dicari.

24. Arsip
Merupakan gadget Blogger yang berfungsi untuk menampilkan terbaru berdasarkan hari, tanggal, bulan maupun tahun. 

25. Favicon
Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon adalah sebuah ikon yang ditampilkan dengan logo sebuah web atau blog yang ditampilkan pada Address bar.

26. Followers
Gadget dari Blogger untuk mengikuti suatu blog. 

27. CSS
CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.

28. jQuery
Merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.

29. Feed
Feed sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, adalah format data yang digunakan pada pengguna internet untuk berlangganan pada postingan suatu blog. 

30. RSS
Merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, adalah format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah web atau blog yang di update secara berkala. 

31. XML
Merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, adalah sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.

32. Atom
Atom adalah sebuah format indikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah web atau blog. 

33. Ping
Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam dunia blogger, ping merupakan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa blog kita telah di update.

34. Pro Blogger
Seorang blogger profesional atau yang sudah berpengalaman dalam dunia Blogging.

35. URL
Merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut format dan standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat link tertentu. Misal : http://tutorial-blogz.blogspot.com.

36. Link 
Alamat URL yang terdapat pada teks atau gambar.

37. Alexa Rank
Sebuah peringkat website yang dibuat oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser mereka. Bila nilai angka pada Alexa Rank blog kita semakin kecil, maka akan semakin bagus.

38. PageRank
PageRank merupakan cara (algoritma) untuk memberikan peringkat pada halaman web yang mencerminkan seberapa penting halaman web tersebut dengan halaman web lainnya. PageRank digunakan pada mesin pencari (search engine) seperti Google. Skor PageRank berkisar antara 0 - 10. Bila nilai angkanya semakin besar, maka akan semakin bagus.

39. Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer atau internet. 

40. Hosting
Tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.

41. Plug-In
Sebuah modul program komputer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi tambahan yang spesifik, atau mendukung format file yang spesifik. 

42. Social Bookmarking
Suatu web untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs yang dianggap favorite.

43. Social Network
Layanan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam untuk mempermudah pengguna (user) untuk berinteraksi, seperti chat, email, video, blog dan Lain - lain.

44. Social Media
Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

45. Black Hat SEO
Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan mesin pencari (search engine) seperti Google. 

46. White Hat SEO
Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan oleh search engine.

47. Duplicate Content
Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. 

48. Subscriber
Pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, bisa melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.

49. Niche Blog
Suatu kata/frase untunk topik atau subjek bahasan tertentu yang terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu. 
Sumbernya disini : http://adf.ly/JiSpH

No comments: